Kabar Gembira, PT Pembangunan Aceg Bakal Bangun Kilang Minyak Sawit di Aceh

- 21 April 2024, 21:21 WIB
Ali Mulyagusdin Dirut PEMA
Ali Mulyagusdin Dirut PEMA /

PIKIRANACEH.COM | EKONOMI - Direktur Utama PT Pembangunan Aceh (PEMA), Ali Mulyagusdin, mengatakan pihaknya bakal membangun kilang minyak kepala sawit atau palm oil refeniry di Aceh.

Pembangunan kilang minyak ini berdasarkan hasil produksi minyak mentah sawit (crude palm oil/CPO) setiap daerah. “Soal pembangunan palm oil refeniry direncakan beberapa titik.

Dan ini sedang kita kaji,” kata Ali Ahad, 21 April 2024.  Selain pembangunan kilang minyak sawit, PT PEMA juga berencana akan melakukan jual-beli cangkang sawit.

Ali menyebutkan cangkang itu akan dikumpulkan di Pelabuhan Kuala Langsa.  “Kita sedang membuat FS dan pemetaan rantai pasok,” sebut Ali. 

Baca Juga Haji Uma Minta Kemenkop-UKM Bangun Pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di Aceh Ali berharap perusahaan daerah dapat berperan aktif dalam beberapa komoditas yang dihasilkan dengan memaksimalkan fasilitas infrastruktur pelabuhan di Aceh. Sehingga dapat menumbuhkan sentra-sentra indrustri baru ke depan.

“Dan pada intinya, kita tetap fokus pada pengentasan kemiskinan, pengurangan pengangguran, dan meningkatkan pendapatan asli Aceh,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Ali, pihaknya sudah melakukan lifting perdana komoditas sulfur melalui Pelabuhan Kuala Langsa, kemarin.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x