Warga Aceh Diimbau Waspada Banjir dan Longsor, BMKG: 17 Daerah Ini Berpotensi Diguyur Hujan Deras

- 24 April 2024, 07:44 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem.
Ilustrasi cuaca ekstrem. /ArtSpark/Pixabay

PIKIRANACEH.COM - Warga Aceh diimbau waspada potensi bencana banjir dan tanah longsor yang disebabkan curah hujan intensitas tinggi serta angin kencang dalam beberapa hari ke depan.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan lainnya akibat hujan lebat yang terus- menerus maupun dengan durasi lama," kata Prakirawan BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Muhammad Rafli, pada Selasa 23 April 2024.

Ia menjelaskan potensi hujan deras di beberapa wilayah Aceh dalam beberapa hari ke depan karena adanya perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Samudera Hindia Barat Aceh. 

Kemudian, suhu permukaan laut yang hangat meningkatkan berpotensi penguapan atau terjadinya penambahan massa uap air di perairan Aceh, serta juga keadaan atmosfer menunjukkan kondisi udara yang cukup labil. 

"Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Aceh," ujarnya.

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap selalu waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

Karena beberapa daerah sudah terkena dampak banjir akibat hujan lebat yang berkelanjutan seperti Aceh Tenggara dan Gayo Lues. 

"Sehingga kiranya masyarakat dapat menjauhi daerah yang dapat memberi potensi besar terkait bencana ini seperti sungai, pantai dan tebing," ujarnya.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x