Ini Penyebab Semua Pengungsi Rohingya Bisa Melarikan Diri dari Penampungan di Aceh Barat

- 1 Juni 2024, 15:20 WIB
Potret pengungsi Rohingya di Aceh (Foto: REUTERS/Stringer)
Potret pengungsi Rohingya di Aceh (Foto: REUTERS/Stringer) /

PIKIRANACEH.COM - Sebanyak 27 orang pengungsi Rohingya yang tersisa di kamp penampungan sementara di Kompleks Kantor Bupati Aceh Barat, pada Sabtu 1 Juni 2024 dini hari dilaporkan semuanya telah melarikan diri.

“Benar, semua warga etnis Rohingya yang selama ini ditampung di belakang kantor bupati semuanya telah melarikan diri,” kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP WH) Kabupaten Aceh Barat, Azim, Sabtu Sabuu 1 Juni 2024.

Sebelumnya, pada Jumat 31 Mei 2024 sebanyak 16 orang imigran Rohingya yang ditampung oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, juga melarikan diri dari kamp pengungsian.

Azim mengatakan dengan kaburnya 27 orang imigran Rohingya tersebut, maka saat ini tidak ada lagi para imigran tersebut di Kabupaten Aceh Barat.

Ia menyebutkan, imigran tersebut melarikan diri diperkirakan pada Sabtu dini hari, sekira pukul 04.30 WIB jelang subuh saat kawasan tersebut dilanda hujan lebat, dan petugas yang berjaga tertidur.

“Jadi, para imigran ini diketahui melarikan diri ketika petugas hendak melakukan pengecekan ke kamp, dan ditemukan kamp dalam kondisi kosong,” kata Azim menambahkan.

Ia menyebutkan, kamp penampungan sementara yang telah kosong tersebut hanya ditinggalkan beberapa lembar pakaian milik imigran Rohingya, dan semua barang telah dibawa oleh imigran.

Azim mengatakan pihaknya telah melaporkan peristiwa tersebut ke pimpinan daerah setempat. ***

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah