DKP Aceh Dorong Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan dengan Konsep Usaha Berkelanjutan

- 4 Juni 2024, 20:00 WIB
Tangkapan Layar acara Dialog Pagi di RRI Banda Aceh
Tangkapan Layar acara Dialog Pagi di RRI Banda Aceh /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Aceh dikenal memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas dengan potensi hasil perikanan laut dan darat yang melimpah. Bahkan beberapa jenis ikan diantaranya menjadi komoditas sangat penting karena bernilai ekonomi tinggi.

Demikian inti diskusi dan dialog yang berlangsung di RRI Banda Aceh dalam program 'Dialog Pagi' dengan tema 'Mendorong Usaha Perikanan untuk Ekonomi Inklusif' Selasa, (04/06/2024).

Baca Juga: Soal 15 WNA Rakit Kapal Keruk Emas di Aceh Barat, Ini Kata Imigrasi

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman, S.Pi.,M.Si yang diwakili oleh Kabid Perikanan Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Abdussyakur, S.Pi.,M.Si sebagai narasumber menyebut, Pemerintah Aceh sangat mendukung dan mendorong agar pemanfaatan sumberdaya perikanan mengusung konsep hulu - hilir dengan peningkatan nilai tambah.

DKP Aceh sendiri, ucap Syakur, berharap industri perikanan yang mampu memberikan nilai tambah bagi usaha penangkapan ikan dan budidaya agar dapat memanfaatkan beberapa komoditas unggulan seperti tuna, tongkol, cakalang, ikan karang, udang, kakap, kerapu dan bandeng serta beberapa jenis ikan air tawar lainnya lebih optimal.

"Dalam program ini kita memang harus mengawal pelayanan kita tuh dari hulu ke hilir, baik pada proses penangkapan di laut ataupun proses budidaya di tambak sampai mereka pasarkan ke end user, nah itu coba kita kawal, kita fasilitasi. Sehingga konsep-konsep keberlanjutan bisa tercapai," tambahnya.

Syakur juga mengatakan, jadi azas kita adalah tentang perikanan ini menggunakan konsep keberlangsungan, dimana ada aspek-aspek ekonomi, aspek ekologi, dan aspek sosial yang kita perhatikan. Ia menekankan, jangan sampai usaha perikanan ini nanti tidak berlanjut.

Jadi, kita coba tingkatkan kualitas hasil tangkapan kita sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi pengolah ataupun importir-importir yang menerima ikan kita. Jadi kita pastikan semua bahan-bahan baku yang digunakan oleh pengolah juga tersedia dengan baik dari segi kuantitas maupun segi kualitasnya.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah