Batik Aceh Go UZBEKISTAN

- 5 Juni 2023, 23:36 WIB
/Ist/pikiranaceh

PIKIRANACEH.COM - Indonesia Halal Lifestyle Center ( IHLC) memprakarsai misi dagang dan pariwisata ke Uzbekistan dengan tema Halal Beyond Borders untuk mengungkap potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dan Uzbekistan, ungkap Sapta Nirwandar, Ketua IHLC, hari ini.

 

“Rombongan akan berada di dua kota Uzbekistan mulai 31 Mei – 7 Juni 2023 yaitu Tashkent & Samarkand. Mengapa Uzbekistan karena selain ikatan budaya juga  berkat jasa Presiden Sukarno kisah ditemukannya makam Imam Bukhari," sebut Sapta.

Lanjutnya, Saat ini komplek makam Imam Bukhari yang terletak di desa Hartang, sekitar 25 kilometer dari Samarkand telah menjadi salah satu destinasi wisata umat Islam seluruh dunia.

 

Selain itu lokasi Uzbekistan yang strategis menjadikannya pusat ideal untuk pariwisata dan perdagangan. Punya akses mudah ke negara-negara Asia Tengah lainnya termasuk Rusia, China, dan Timur Tengah.

Muslim merupakan 87% dari mayoritas 35,4 juta penduduknya,  sedangkan sisanya 9% mengikuti Kekristenan Ortodoks Rusia dan 4% pemeluk agama lainnya, tambah Sapta.

 

“Misi ini juga sebagai tindak lanjut dari undangan Wakil Gubernur Samarkand saat mengunjungi kami di Jakarta, Halal Beyond Borders bertujuan untuk menjajaki peluang kolaborasi potensial di bidang Pariwisata Halal ( halal tourism)  dan Ekonomi Kreatif antara Indonesia dan Uzbekistan untuk meningkatkan ekonomi Islam di masing-masing negara,” Sebut Sapta.

Untuk diketahui, acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan Kementerian Luar Negeri ini menyediakan platform bagi delegasi Indonesia untuk berpromosi pariwisata dan terlibat dalam misi dagang dengan Uzbekistan. 

Halaman:

Editor: Syahrul


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x