Pemerintah Aceh Dukung Musyawarah Adat Petani Tambak (Musapat)

- 16 Januari 2024, 19:54 WIB
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Aliman, S.Pi, M.Si, pada pertemuan rapat dengan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Petani Tambak (Musapat) di ruang rapat Kepala Dinas.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Aliman, S.Pi, M.Si, pada pertemuan rapat dengan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Petani Tambak (Musapat) di ruang rapat Kepala Dinas. /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Menindaklanjuti perintah Pj Gubernur Aceh, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Aliman, S.Pi,M.Si, mengadakan pertemuan dengan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Petani Tambak (Musapat) di Ruang Rapat Kepala Dinas.

Ketua DPP Musapat T. Jamal mengatakan bahwa berdasarkan aspirasi anggota yang mereka terima, petambak menginginkan Pemerintah Aceh juga memperhatikan saluran irigasi tambak.

"Dinas Sumber daya Air jangan hanya memperhatikan petani tetapi juga memperhatikan Petambak ikan/udang, sehingga tambak tambak yang tidak berfungsi dapat dimanfaatkan kembali apabila irigasi tambak baik dan lancar," ujarnya.

T. Jamal juga mengharapkan pihak perbankan dapat membantu petambak melalui dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dirasakan masih minim pembiayaan.

Pengurus Musapat mengharapkan adanya regulasi khusus apakah melalui Pergub atau regulasi lainnya sehingga ada jaminan pembiayaan rehab saluran tambak dan pembiayaan sarana produksi.

Selain itu salah seorang pengurus Musapat, M.Yunus dari Aceh Timur juga menyampaikan keinginan adanya kelembagaan adat Kejruen Neuheun bisa diaktifkan kembali seperti Lembaga Adat Panglima Laot, yang nantinya Kejruen Neuheun ini dapat mengatur tata kelola air tambak dan pola budidaya dalam satu kawasan.

Menanggapi masukan masukan dari para pengurus Musapat, Aliman sangat mengapresiasi dan setuju apabila saluran tambak mendapat perhatian serius Dinas Sumberdaya Air.

Baca Juga: TPUKP Aceh Fasilitasi Akses KUR Usaha Perikanan

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah