Gas Blok Andaman di Aceh Dialirkan ke Jawa Melalui Pipa, Ini Jalurnya

- 2 April 2024, 04:45 WIB
Ilustrasi Migas (Foto: Repro)
Ilustrasi Migas (Foto: Repro) /

PIKIRANACEH.COM - Gas dari blok Andaman dan Andaman Selatan di Aceh bisa diangkut melalui pipa gas memanfaatkan ruas pipa ke Jawa.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Laode Sulaeman.

Jalur pipa transmisi gas bumi dari Arun-Belawan lanjut ke arah pipa transimisi ke arah Duri, Provinsi Riau (pipa Dusem/Duri-Sei Mangke), kemudian ke ruas South Sumatera to West Java (SSWJ) I menuju Pulau Jawa.

 

“Gas dari Blok Andaman II dan Andaman Selatan akan produksi bisa dibawa melalui pipa transmisi menuju Pulau Jawa. Tinggal menunggu penyelesaian ruas Duri-Sei Mangke (Dusem),” kata Laode dikutip dari ruangenergi.com pada Sabtu 30 Maret 2024.

Laode menyatakan untuk pipa transmisi Dusem dengan total jarak sekitar 400 kilometer, hingga kini pihaknya masih menantikan konstruksi selesai dimana direncanakan pembangunnya pada 2025 hingga 2027.

“Kita masih menunggu anggaran tidak lagi di blokir dan siap untuk lelang. Karena ini pakai dana APBN, maka harus ada lelang seperti lelang Cisem. Nah lelangnya, insya Allah akhir tahun 2024 ini,” ungkap Laode.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x