Kadis DKP Aceh Jemput 32 Nelayan Asal Aceh Timur yang Dipulangkan Dari Bangkok Thailand

- 1 Juni 2024, 15:00 WIB
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Aliman, S.Pi.,M.Si bersama Anggota DPD RI H. Sudirman tampak berbaur dalam suasana bahagia dengan para nelayan asal Aceh Timur yang baru tiba dari Bangkok Thailand. Aliman menjemput langsung ketibaan mereka di Bandara Kualanamu, Medan Sumatera Utara.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Aliman, S.Pi.,M.Si bersama Anggota DPD RI H. Sudirman tampak berbaur dalam suasana bahagia dengan para nelayan asal Aceh Timur yang baru tiba dari Bangkok Thailand. Aliman menjemput langsung ketibaan mereka di Bandara Kualanamu, Medan Sumatera Utara. /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh telah memenuhi janjinya untuk memulangkan 32 nelayan asal Aceh Timur yang telah dibebaskan oleh Otoritas Thailand. Kepala DKP Aliman, S.Pi, M.Si menjemput langsung para nelayan dipulangkan dari Bangkok Thailand tersebut di Bandara Kualanamu Medan Sumatera Utara, Jumat (31/05/2024).



Aliman turut didampingi oleh Sub Koordinator Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Perikanan DKP Aceh, Sekdis Dinsos Aceh, Kabid. Lindjamsos dan Sub Koordinator PSKBS Dinsos Aceh serta Kantor Perwakilan Aceh di Medan.

Baca Juga: DKP Upayakan Pemulangan 33 Lagi Nelayan Aceh Usai Menjalani Hukuman di Thailand

Penjemputan juga dihadiri Anggota DPD RI asal Aceh H. Sudirman, S.Pdi (Haji Uma), perwakilan Direktorat PWNI Kemenlu, Perwakilan KBRI Bangkok dan Perwakilan Direktorat Tindak Pidana Pelanggaran (TPP) KKP RI.

Sebelumnya, proses repatriasi (pemulangan) ini sudah dikoordinasikan melalui beberapa kali pertemuan baik secara luring maupun daring dengan berbagai pihak, diantaranya Direktorat PWNI Kemenlu RI, Direktorat TPP PSDKP, Direktur KAPI KKP, KBRI Bangkok, KRI Songkla, Pangkalan PSDKP Lampulo, Stasiun PSDKP Belawan, Dinsos Aceh, Baitulmal Aceh dan Pemkab Aceh Timur serta DKP Aceh sendiri.

Sehingga disepakati dan diperoleh persetujuan agar pemulangan dari Bangkok Thailand ke Indonesia dapat dilakukan langsung melalui bandara Kualanamu Medan Sumut dengan pertimbangan lebih efektif dan efisien.

Selanjutnya dari Medan, Tim Pemerintah Aceh yang difasilitasi Dinsos Aceh mengantarkan ke 32 Nelayan tersebut ke Kabupaten Aceh Timur yang akan diterima oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dan diserahkan langsung ke keluarganya masing-masing.

Aliman menyampaikan, 32 nelayan ini merupakan bagian dari 41 nelayan Aceh yang diamankan oleh Pemerintah Thailand karena melewati batas perairan pada 8 Oktober 2023 lalu menggunakan kapal KM. Kambiastar, KM. Rahmat Jaya, dan KM Ikhlas Baru.

Dimana 35 orang telah dibebaskan pada 24 April 2024 lalu, dan 2 orang diantaranya telah dipulangkan pada 26 April 2024. Sedangkan 6 orang lagi masih menjalani masa tahanannya dan 1 orang gagal dipulangkan pada tanggal 31 Mei 2024 atas nama Jafarudin dikarenakan adanya perbedaan data di Songkhla dan Bangkok.

Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh menyampaikan pada para nelayan agar dapat mematuhi ketentuan dalam melakukan penangkapan ikan dilaut, kapal harus memiliki dokumen perizinan dan mendapatkan persetujuan berlayar dari Syahbandar di Pelabuhan Perikanan.

Memperhatikan batas perairan dan menghindari melakukan penangkap ikan di luar wilayah perairan Indonesia tanpa izin, sehingga tidak terulang kembali peristiwa tertangkapnya nelayan Aceh di Luar Negeri.

Hal ini bisa berdampak sangat fatal karena akan menerima sanksi yang lumayan berat seperti nelayan yang masuk wilayah songkla Thailand pada peristiwa lalu, begitu juga pada Negara-negara lain yang berdampak kepada kurungan badan atau denda dan armada penangkapan disita.

Semoga para nelayan tetap dapat mengendalikan diri bersama awak kapal dalam mengarungi lautan bebas untuk mencari rezeki dengan tetap mempedomani ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Akhirnya, atas nama Pemerintah Aceh Aliman menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Direktorat PWNI Kemenlu RI, Dirjen PSDKP KKP serta seluruh jajarannya, KBRI Bangkok, KRI Songkla, PSDKP Stasiun Belawan, PSDKP Lampulo, Dinsos Aceh, Baitulmal Aceh, Anggota DPD-RI Asal Aceh (H. Sudirman Haji Uma, S.Sos), Pemkab Aceh Timur, Toke boat dan kepada semua pihak yang telah membantu pemulangan nelayan asal Aceh Timur ini dari Bangkok Thailand sehingga tiba di Tanah Air dengan lancar dan selamat.

Semoga koordinasi dan kolaborasi yang telah terjalin dengan baik ini dapat terus berjalan dalam komunikasi dan silaturrahmi yang efektif dalam rangka pelaksanaan tugas dan pengabdian demi kemaslahatan masyarakat.

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah