Gegara 2 Wanita Diarak Bugil dan Diperkosa di India, Pecah Kerusuhan, Rumah dan Gereja Dibakar

- 24 Juli 2023, 07:58 WIB
Ilustrasi kerusuhan.
Ilustrasi kerusuhan. /Dok. Humas Polda Papua/

PIKIRAN ACEH - Dua wanita dari etnis minoritas di Manipur, India, diarak bugil dan diperkosa massal. Petaka itu pun memicu kerusuhan di India.

Peristiwa horor itu dipicu konflik antara dua etnis, yakni Meitei dan Kuki. Konflik antaretnis di Manipur itu sebenarnya telah terjadi sejak Mei 2023.

Konflik antaretnis dipicu perselisihan soal akses terhadap pekerjaan pemerintah serta manfaat lainnya.

Konflik kemudian memicu sejumlah bentrokan berdarah. Rumah-rumah dan gereja dibakar hingga menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi ke kamp-kamp yang disediakan pemerintah India.

Konflik yang menyebabkan lebih dari 140 orang tewas itu pula yang menjadi pemicu perbuatan tak manusiawi massa terhadap dua orang wanita dari etnis Kuki di mana mereka diarak dalam kondisi telanjang lalu diperkosa massal.

Peristiwa mengerikan itu sebenarnya terjadi tak lama setelah konflik antaretnis pecah di Manipur, yakni 4 Mei 2023. Namun, peristiwa tragis itu baru viral pada Rabu (19/7) dan memicu kemarahan publik India.

Baca Juga: Bikin SIM A di Malaysia Rp 10,5 Juta, Indonesia Rp 150 Ribu, India Rp 15 Ribu

Korban yang berasal dari etnis Kuki awalnya sempat diselamatkan oleh polisi bersama tiga anggota keluarganya. Namun, massa dari etnis mayoritas Meitei diduga menghadang polisi dan para penyintas.

Polisi Jadi Sorotan

Halaman:

Editor: Yusmadi Yusuf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah