Sudah 2 Tahun Direncanakan, Apa Kabar Jembatan Terpanjang di Atas Laut di Aceh?

- 10 Januari 2024, 12:17 WIB
Mega Proyek Pembangunan Jembatan Bulan di Kalimantan Utara Ini Bakal Jadi Jembatan Terpanjang di Indonesia
Mega Proyek Pembangunan Jembatan Bulan di Kalimantan Utara Ini Bakal Jadi Jembatan Terpanjang di Indonesia /DPUPR Perkim Kaltara/

PIKIRAN ACEH – Pembangun jembatan Aroih Lampuyang sepanjang 430 meter akan menghubungkan Pulau Nasi dan Pulau Breuh, di Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Proyek yang masuk dalam prioritas nasional itu memiliki lebar 9 meter diatas ketinggian 50 meter diatas permukaan laut. Sistem pembangunannya menggunakan pondasi bore pile yang terdiri dari 2 abutment dan 2 pilar.

Proyek jembatan terpanjang di Aceh itu sudah mendapatkan persetujuan anggaran dari Komisi VI DPR RI senilai Rp 20 miliar.

Baca Juga: Repsol Mundur Dari Proyek Migas Aceh

Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) akan memulai tahapan pembangunan pada tahun 2022.

Pembangunan jalan dan jembatan Aroih Lampuyang yang akan dimasukan ke dalam Rencana Kegiatan Anggaran Kementrian/Lembaga BPKS Tahun 2022.

Dia menjelaskan, dalam rapat tersebut dirinya memaparkan terkait pembangunan jembatan penghubung dan sarana prasarana lainnya yang dibutuhkan warga di Pulo Aceh.

Baca Juga: Breaking News Jokowi Coret Proyek Strategis Nasional di Aceh. Ini Daftarnya

Pembangunan jembatan terpanjang di Aceh ini sebenarnya sudah digagas sejak tahun 2021 lalu.

Halaman:

Editor: Yusmadi Yusuf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah