Ini Motif Dua Caleg di Aceh Ikut Lipat Surat Suara Pemilu 2024 yang Diselenggara KIP

- 12 Januari 2024, 05:37 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024.
Ilustrasi Pemilu 2024. /Antara/Andreas Fitri Atmoko/

 

PIKIRANACEH.COM - Dua orang Caleg DPRK di Kabupaten Aceh Tenggara ketahuan ikut serta melipat surat suara untuk pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara di GOR Desa Pulonas, Kecamatan Babusalam. 

Keduanya merupakan caleg dari salah satu partai lokal dan nasional. Mereka ketahuan saat pengawas pemilu mengecek data warga yang ikut dalam sortir lipat surat suara.

Keduanya ketahuan setelah ada laporan dari Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Aceh Tenggara. Keduanya merupakan caleg dari salah satu partai lokal dan nasional yang menjadi peserta Pemilu 2024.

PIC Pengawasan Logistik dan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Panwaslih Aceh, Yusriadi membenarkan informasi tersebut.

Dia mengatakan satu di antaranya terdeteksi saat hendak melakukan sortir lipat sehingga ditindaklanjuti dengan tidak diikutsertakan dalam tim lipat surat suara.

"Di hari berikutnya kami menemukan kembali dari partai dan caleg berbeda, bahkan dia sudah melakukan sortir lipat surat suara, kemudian Panwas mengeluarkan dia dan meminta klarifikasi," kata Yusriadi, seperti dikutip CNNIndonesia, pada Kamis 11 Januari 2023

Motif caleg tersebut ikut melakukan sortir lipat surat suara diduga karena untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.

"Terkait motif yang sudah diselidiki oleh Panwas sejauh ini motifnya hanya untuk mendapatkan uang dari pekerjaan sortir lipat surat suara. Itu motif yang sudah didapatkan," kata Yusriadi.

Panwaslih saat ini masih melakukan koreksi dan penyortiran ulang dari surat suara yang sudah dilipat oknum caleg tersebut. Jika ditemukan pelanggaran seperti merusak, pihaknya akan melakukan tindakan sesuai regulasi yang ada.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x