BREAKING NEWS - 6 Triliun KK Gas Ditemukan dari WK Andaman Aceh, Pemerintah Buka Opsi Bangun Kilang Baru

- 14 Januari 2024, 11:56 WIB
Ilustrasi Migas (Foto: Repro)
Ilustrasi Migas (Foto: Repro) /

PIKIRANACEH.COM - Cadangan Minyak dan Gas (Migas) dengan jumlah 4,68 miliar barel ditemukan di Aceh. Penemuan cadangan Migas jumbo ini diklaim melebihi cadangan di Arab Saudi.

Lokasi tepatnya berada di sumur Eksplorasi Layaran-1 South Andaman. Lokasi tersebut sekitar 100 kilometer lepas pantai Sumatera bagian utara, Indonesia.

Menanggapi hal itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka opsi pembangunan kilang baru di Aceh untuk menampung potensi gas yang melimpah dari Wilayah Kerja (WK) Andaman. 

Berdasarkan data Kementerian ESDM, total sumber daya di area Andaman diperkirakan sebesar 4.965 juta barel minyak ekuivalen (MMBOE).

Saat ini terdapat dua konsorsium besar KKKS di sana, yakni Harbour Energy dan Mubadala Energy. 

Baru-baru ini, Mubadala Energy mengumumkan penemuan potensi gas di South Andaman, sumur Layaran-1 mencapai 6 triliun kaki kubik (trillion cubic feet/TCF) gas-in-place.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji memaparkan pembangunan kilang baru di Aceh meruapakan satu opsi yang sudah dipikirkan pemerintah untuk menampung hasil gas dari Blok Andaman. 

"Karena kilang di Arun tidak semua peralatannya bisa dipakai. Revitalisasi Kilang Arun jadi dilakukan. Namun, seluruh peralatan di sana tidak langsung bisa dipakai, perbaiki langsung jadi, tidak. Kalau sudah tua gitu ya diganti," ujarnya, pada Kamis 11 Januari 2024.

Dia bilang, jika rencana ini jadi dilakukan, siapa saja bisa membangun kilang baru di Aceh. Misalnya saja, Mubadala Energy sebagai operator di South Andaman maupun pihak lainnya. 

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x