DK PBB Adopsi Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

- 26 Maret 2024, 10:13 WIB
Sidang Dewan Keamanan PBB Bahas Gencatan Senjata di Gaza
Sidang Dewan Keamanan PBB Bahas Gencatan Senjata di Gaza /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Dewan Keamanan PBB mengadopsi resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera di Jalur Gaza pada Senin malam.

Meskipun Dewan gagal meloloskan amandemen terhadap rancangan resolusi yang mencakup frasa “gencatan senjata permanen,” Dewan menekankan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan bantuan ke Gaza dan menuntut agar semua hambatan dalam penyaluran bantuan dihilangkan.

Baca Juga: Gajah Tanpa Gading Ditemukan Mati di Gunung Salak Aceh Utara

Rancangan resolusi tersebut disampaikan oleh anggota terpilih Dewan Keamanan: Aljazair, Ekuador, Guyana, Jepang, Malta, Korea, Sierra Leone, Mozambik, Slovenia, dan Swiss.

Rancangan resolusi tersebut mendapat 14 suara mendukung, sedangkan Amerika Serikat abstain dalam pemungutan suara.

Delegasi Rusia untuk PBB menuntut amandemen lisan terhadap rancangan resolusi tersebut yang akan mencakup penambahan frasa “gencatan senjata permanen,” dan menyatakan bahwa ia telah “menerima instruksi untuk memberikan suara ya pada resolusi apa pun yang menyertakan frasa gencatan senjata permanen.”

Dewan Keamanan mengadopsi resolusi untuk gencatan senjata segera di Jalur Gaza selama bulan Ramadhan, sebagai langkah menuju gencatan senjata yang permanen dan berkelanjutan.

Hal ini terjadi beberapa hari setelah Rusia dan China menggunakan hak veto mereka terhadap rancangan resolusi Amerika di Dewan Keamanan PBB, yang tidak mencakup seruan langsung untuk gencatan senjata.

Baca Juga: PP-HIMAB dan Tokoh-tokoh Aceh Besar Santuni Anak Yatim Dirangkaikan dengan Acara Buka Puasa Bersama

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x