Pesan Nuzulul Quran dari Masjid Babul Maghfirah Pada Malam 17 Ramadhan

- 28 Maret 2024, 08:51 WIB
Dr Tgk H Mutiara Fahmi Lc MA melakukan sesi foto bersama pengurus BKM Babul Maghfirah seusai memberikan ceramah pada Malam memperingati Nuzulul Qur'an di Masjid Babul Maghfirah Gampong Tanjong Seulamat
Dr Tgk H Mutiara Fahmi Lc MA melakukan sesi foto bersama pengurus BKM Babul Maghfirah seusai memberikan ceramah pada Malam memperingati Nuzulul Qur'an di Masjid Babul Maghfirah Gampong Tanjong Seulamat /Hamdani/Wirzaini/

PIKIRANACEH.COM - Secara nasional angka buta aksara Al-Quran berdasarkan data hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 mencapai 53,57 persen. 

Hal itu dikatakan oleh Akademisi UIN Ar-Raniry Banda, Dr Tgk H Mutiara Fahmi, Lc MA saat menyampaikan ceramah Ramadhan di Masjid Babul Maghfirah Gampong Tanjong Seulamat, Rabu (27/03/2024) bertepatan dengan 17 Ramadhan 1445 H.

Baca Juga: Anies Disebut Menang Mudah Jika Maju Sebagai Calon Gubernur Aceh dan Sumbar

Padahal Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam di dunia.

Begitupun Laporan Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh tahun 2019, Indeks Melek Al-Quran masyarakat Aceh adalah 65 persen. Ini artinya terdapat 35 persen masyarakat Aceh yang tidak bisa baca aksara Al-Quran atau buta aksara Al-Quran.

Bahkan prosentase kemampuan membaca Alquran masyarakat perbatasan di Provinsi Aceh hanya 38 persen. Berarti sebanyak 62 pergeseran mereka tidak mampu membaca Alquran.

Ada pula penelitian yang dilakukan oleh kalangan akademis, yang menemukan UIN Ar-Raniry termasuk Perguruan Tinggi yang mahasiswa nya tergolong memiliki kemampuan membaca Alquran sangat rendah.

Ini merupakan problem, bukan hanya masalah masyarakat Aceh tetap umat Islam secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x