Bank Syariah Indonesia Terancam Punya Saingan Baru yang Lebih Fantastis a

- 28 Februari 2024, 20:36 WIB

 

Bank Syariah Indonesia: Bank Syariah yang Menawarkan Keuntungan Besar yang Aman dan Terpercaya!/Dok. Bank BSI
Bank Syariah Indonesia: Bank Syariah yang Menawarkan Keuntungan Besar yang Aman dan Terpercaya!/Dok. Bank BSI

PIKIRANACEH.COM | EKONOMI — Kini kehadiran bank syariah Indonesia mulai terancam, kenapa tidak kini digadang gadangkan akan muncul saingan baru yang lebih fantastis gabungan dari beberapa mager perusahaan.

 

Industri perbankan syariah akan kedatangan entitas besar baru. Perusahaan yang dimaksud bukan saja hasil merger unit usaha syariah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. 

Merger BTN Syariah dengan Bank Muamalat akan rampung setidaknya pada kuartal II tahun ini. Menteri BUMN Erick Thohir, pemilik Bank Muamalat, hingga OJK sudah memberikan lampu hijau atas aksi korporasi tersebut.

Penggabungan kedua bank tersebut akan memiliki aset lebih dari Rp 120 triliun. Sebagai informasi PT Bank Syariah Indonesia Tbk memiliki aset Rp 354 triliun per Desember 2023. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengungkapkan ada beberapa bank yang berencana merger dan sedang dalam tahap pembicaraan pendahuluan. Ia menyebut aksi merger beberapa bank syariah ini akan dikepalai oleh bank swasta.

"Ini di-lead oleh bank swasta, bukan bank BUMN. Justru ini adalah bagian dari implementasi POJK terkait masalah spin off perbankan syariah. Nah, ini yang sedang kita terus matangkan, ada beberapa calon-calon yang dan tentu kita mengharapkan akan menjadi merger yang cukup besar jugalah kira-kira," kata Dian selepas Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2024 di St. Regist, dikutip Kamis (28/2/2024).

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x