Turki memberikan lampu hijau untuk tawaran keanggotaan NATO Swedia

- 12 Juli 2023, 00:21 WIB
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson bereaksi selama pertemuan, menjelang KTT NATO, di Vilnius, Lithuania 10 Juli 2023.
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson bereaksi selama pertemuan, menjelang KTT NATO, di Vilnius, Lithuania 10 Juli 2023. /REUTERS/Yves Herman/Pool/Ist

PIKIRANACEH.COM - Presiden Turki Tayyip Erdogan setuju untuk meneruskan ke parlemen upaya Swedia untuk bergabung dengan aliansi militer NATO, yang tampaknya mengakhiri drama berbulan-bulan atas masalah yang telah membuat tegang blok itu saat perang berkecamuk di Ukraina,Senin 11 Juli 2023.

Swedia dan Finlandia melamar keanggotaan NATO tahun lalu, mengabaikan kebijakan non-blok militer mereka yang telah berlangsung selama beberapa dekade Perang Dingin sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Sementara keanggotaan NATO Finlandia mendapat lampu hijau pada bulan April, Turki dan Hongaria belum menyetujui tawaran Swedia. Stockholm telah bekerja untuk bergabung dengan blok tersebut pada pertemuan puncak aliansi di ibu kota Lituania, Vilnius, yang dimulai pada hari Selasa.

"Dengan senang hati saya mengumumkan ... bahwa Presiden Erdogan telah setuju untuk meneruskan protokol aksesi untuk Swedia ke majelis nasional besar sesegera mungkin, dan bekerja sama dengan majelis untuk memastikan ratifikasi," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dalam sebuah pernyataan. konferensi pers, menggambarkannya sebagai langkah "bersejarah". Dikutip reuters.

Dia telah mengadakan pertemuan dengan Erdogan dan Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson selama beberapa jam pembicaraan menjelang KTT saat dia berusaha untuk akhirnya memecahkan kebuntuan.

Erdogan telah bertahan selama berbulan-bulan, mengatakan aksesi Swedia bergantung pada implementasi kesepakatan yang dicapai tahun lalu selama KTT aliansi di Madrid dan bahwa tidak ada yang mengharapkan kompromi dari Ankara.

Turki menuduh Swedia tidak berbuat banyak terhadap orang-orang yang dianggap Turki sebagai teroris, terutama anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) terlarang yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, Uni Eropa, dan Amerika Serikat.

Erdogan dan Kristersson tampak santai menjelang pertemuan, dengan pemimpin Swedia bercanda tentang memarkir pesawatnya di sebelah pesawat Turki yang lebih besar di bandara Vilnius.

"Ini adalah hari yang baik bagi Swedia," kata Kristersson kepada wartawan, mengatakan pernyataan bersama pada Senin merupakan "langkah yang sangat besar" menuju ratifikasi akhir keanggotaan Swedia di NATO.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh kedua negara mengatakan Swedia telah menegaskan kembali bahwa mereka tidak akan memberikan dukungan kepada kelompok Kurdi dan akan secara aktif mendukung upaya untuk menghidupkan kembali proses aksesi Turki ke UE.

Halaman:

Editor: Syahrul

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x