Santri Harus Jadi Motor Penggerak Kemajuan Bangsa

- 24 Oktober 2023, 12:27 WIB
Upacara hari santri di Aceh Tamiang, kemarin
Upacara hari santri di Aceh Tamiang, kemarin /pikiran aceh/nasir/

Santri Harus Jadi Motor Penggerak Kemajuan Bangsa

PIKIRAN ACEH – Santri  harus berperan sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dan menjadi motor penggerak kemajuan bangsa karena santri memiliki peran kunci dalam menjaga nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan PJ Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman selaku inspektur upacara peringatan Hari Santri Nasional ke 78 tahun 2023 tingkat Kabupaten Aceh Tamiang di lapangan tribun Kantor Bupati setempat, kemarin.

Pada kesempatan tersebut PJ Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman membacakan amanat Menteri Agama RI yang mengajak santri di Aceh Tamiang merenungkan kembali perannya dalam pembangunan nasional dan daerah

Lanjutnya, sebagai pilar keagamaan dan keilmuan, santri dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa disamping itu santri juga harus menjadi contoh yang baik ditengah tengah masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Tamiang ini mengilas balik peran para santri dalam perjuangan bangsa ini. Ketika itu semangat jihad menjalankan agama bersenyawa dengan praktik perjuangan memerdekakan Indonesia sangat patut diteladani.

“Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan. Bersama-sama, kita bisa menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan,” jelasnya.

Dalam penutup amanat yang dibacakannya, Pj. Bupati Meurah mengajak seluruh santri di mana pun berada agar senantiasa berdoa kepada Allah seraya melanjutkan kerja-kerja pembangunan sebagai wujud melanjutkan perjuangan para syuhada bangsa (*)

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: Pikiran Aceh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x