Bank Dunia Soroti Makan Siang Gratis Prabowo: Batas Defisitnya dan Ketersediaan Anggaran

- 28 Februari 2024, 20:35 WIB
Bank Dunia
Bank Dunia /odishabhaskar.in/

PIKIRANACEH.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan program makan siang gratis Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipastikan masuk dalam APBN 2025.

Program makan siang gratis tersebut menjadi sorotan usai dipastikan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Menurutnya, program makan siang gratis akan dimuat dalam RAPBN 2025 mendatang. Menurutnya, hal itu supaya program bisa dilakukan dengan lancar pada tahun 2025 mendatang.

"Kita kan minta arahan pak Presiden Joko Widodo bahwa pemerintahan itu berlanjut. keberlanjutan. oleh karena itu program yang memerlukan anggaran itu dipersiapkan di earmark di RAPBN 2025. Karena nanti pelaksanaan RAPBN adalah pemerintah mendatang supaya bisa berjalan lancar," jelasnya, pada Rabu 28 Februari 2024.

Dia juga menjelaskan nantinya program itu dijalankan dengan beberapa tahap. Termasuk ada program prioritas seperti tahap pertama yang akan diberikan kepada balita dan ibu hamil untuk wilayah tertentu.

Kemudian, tahap berikutnya akan diperluas hingga siswa - siswi SMP, hingga daerah yang masih memiliki angka stunting yang tinggi. Selain itu Airlangga juga memastikan pelaksanaan program ini bisa dilakukan pada tahun 2025 mendatang.

"Sesudah ini bisa dilaksanakan tahun depan sesuai dengan tahapan-tahapan yang tadi saya sampaikan," kata Airlangga.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai APBN 2025 juga harus mengakomodir program dari Presiden terpilih 2024. Namun, pemerintah kini menunggu hasil Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebelum memulai pembicaraan dengan tim pemerintahan baru.

"Jadi yang paling penting adalah pertama adalah komunikasi antara pemerintah sekarang dengan pemerintah yang akan datang untuk bisa mewadahi di dalam rancangannya," terangnya.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x