Mengucapkan Salam dan Berjabat Tangan Sangat Dianjurkan dalam Islam, Ini Penjelasannya

- 19 April 2024, 12:27 WIB
Ilustrasi berjabat tangan dalam Islam
Ilustrasi berjabat tangan dalam Islam /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Idul Fitri atau lebaran disebut juga bulan silaturrahmi. Momentum ini dimanfaatkan untuk saling bertemu dan bertatap muka. Saat bertemu orang-orang saling mengucapkan salam dan berjabat tangan penuh persaudaraan.

Mengucapkan salam bagi orang Islam merupakan untaian doa agar orang dijumpainya tersebut bahagia dalam hidupnya dengan selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan.

Para ulama telah menjelaskan makna salam dengan jelas, seperti Ibnu Mas’ud RA yang berkata berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW.

as-salam" adalah salah satu nama dari nama-nama Allah SWT dan diperintahkan untuk disebarluaskan agar orang yang menerimanya mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan dari Zat as-Salam (Yang Mahasejahtera).”

Baca Juga: Ini Jadwal Keberangkatan Jamaah Haji Asal Aceh Tahun 2024

Di dalam Alquran terdapat sekitar 146 kata salam yang tersebar di beberapa surah dan ayat. Menurut hadits riwayat Bukhari dan Muslim, bunyi salam yang diajarkan Allah SWT kepada Nabi Adam AS untuk disampaikan kepada para malaikat adalah “assalamualaikum”.

Saat nabi para malaikat mendengar ucapan salam dari manusia pertama tersebut, para melaikat menjawab “assalamu’alaika wa rahmat Allah”, yang berarti semoga Allah memberikan keselamatan , kesejahteraan, dan rahmat-Nya kepadamu.

Kata salam yang berarti selamat, sejahtera, aman, dan sentosa tersebut merupakan kata dasar dari kata kerja salima-yaslamu yang masih serumpun dengan kata Islam yang berasal dari kata aslama-yuslimu.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah