Ditreskrimsus Polda Aceh Pantau Lokasi Tambang Ilegal Lewat Udara

- 17 Februari 2023, 13:42 WIB
Dir Reskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Winardy bersama Dinas terkait
Dir Reskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Winardy bersama Dinas terkait /

ACEHUPDATE COM | Banda Aceh -Direktorat Reserse Kriminil Khusus (Ditreskrimsus)  Polda Aceh, bersama Dinas terkait melakukan pemantauan dari udara untuk mendeteksi titik-titik yang berpotensi terjadinya tindak pidana Minerba atau airview.

Pemantau dari udara tersebut dilakukan Direktur Kriminal Khusus Polda Aceh, Kombes Pol  Winardy bersama Kadis ESDM Mahdinur, mewakili Kadis LHK Junaidi, dan Kepala BPHL Wilayah I Mahyudin di wilayah barat, meliputi Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Barat pada hari Selasa, 14 Februari 2023.

Kombes Pol Winardy mengatakan, saat melakukan pengecekan dari udara diatas Kabupaten Aceh Jaya, tepatnya di Lamno,  pihaknya menemukan satu titik illegal logging. Selanjutnya di Aceh Barat, tepatnya di Sungai Mas juga ditemukan beberapa lokasi pertambangan tanpa izin atau illegal mining.

“Atas temuan itu, Polda Aceh berkomitmen akan melakukan penegakan hukum serta memberikan edukasi di wilayah pertambangan tanpa izin tersebut,” ujar Winardy, dalam keterangannya usai memantau lokasi tambang ilegal, Selasa, 14 Februari 2023.

Ia mengatakan, merespon hal itu, Dinas ESDM nantinya juga akan mendorong masyarakat atau kelompok masyarakat untuk membuat Koperasi atau BUMG untuk mengajukan perizinan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Di samping itu, Pemerintah Daerah juga berupaya agar pertambangan tanpa izin tersebut bisa mendapat payung hukum. 

Nantinya, Pemda akan berkoordinasi dengan legeslatif sampai ke Pemerintah Pusat agar adanya wilayah pertambangan rakyat (WPR).

Polda Aceh melarang Praktik Illegal Logging di Hutan Lindung Aceh 

Usai melakukan airview, Kombes Winardy juga mengingatkan dan melarang setiap praktik illegal logging di hutan lindung, dan bila ditemukan akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

Halaman:

Editor: Tarmizi Puteh


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x