Dinas Syariat Islam Aceh Gelar Pelatihan dan Festival Dalail Khairat, Grup Nurul Maghfirah Diundang

- 10 Oktober 2023, 15:20 WIB
Peserta dalail khairat sedang mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarkan oleh Dinas Syariat Islam Aceh di Banda Aceh
Peserta dalail khairat sedang mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarkan oleh Dinas Syariat Islam Aceh di Banda Aceh /Hamdani/Akmal/

PIKIRANACEH.COM - Dalam rangka mengidupkan kembali tradisi dalail khairat di gampong-gampong yang kini mulai ditinggalkan. Dinas Syariat Islam (DSI) Provinsi Aceh menggelar pelatihan dalail khairat yang diikuti oleh diikuti 240 peserta dari Kota Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang, di aula Hotel Madinatul Zahra, sejak Senin- Rabu, 9-11 Oktober 2023.


Kegiatan dalail khairat tersebut adalah langkah strategis Dinas Syariat Islam Aceh sebagai upaya mempertahankan eksistensi tradisi dalail khairat yang dulunya sangat semarak di gampong-gampong di Aceh. Namun kini anak-anak muda lebih banyak nongkrong di warung kupi.

Baca Juga: Waled Meuraksa Dijadwalkan Ceramah Maulid di Tanjung Selamat

Kadis Syariat Islam Aceh, Zahrol Fajri, SAg, MH kepada peserta pelatihan mengatakan, "pentingnya menghidupkan tradisi tersebut karena saat ini Dalail Khairat yang dulunya semarak di gampong-gampong, namun belakangan ini tak begitu nampak lagi aktivitasnya. Sehingga membuat banyak anak muda memilih nongkrong di warung kopi sampai larut malam,"

Oleh sebab itu dia mengajak para peserta agar setelah mengikuti pelatihan tersebut dapat menghidupkan dan menyemarakkan kembali Dalail Khairat di gampong masing-masing. Dengan adanya kegiatan tersebut akan membuat suasana gampong menjadi hidup dan syiar Islam dapat dirasakan oleh masyarakat.

Disamping itu, ia berharap agar tradisi Dalail Khairat dapat menjadi tren bagi generasi muda sehingga dapat mengeliminir berbagai hal negatif di kalangan generasi muda.

Salah satu peserta grup dalail khairat Nurul Maghfirah dari Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar yang diketuai Mahzar Fuadi mengatakan, pelatihan dilaksanakan dengan masing-masing grup tampil muqaddimah dalail khairat. Kemudain dikoreksi atau di arahkan oleh narasumber dimana yang belum tepat bacaannya.

Baca Juga: BKM Babul Maghfirah Gelar FGD Sejarah dan Profil Masjid

"Pelatihan ini dilaksanakan bertujuan untuk upgrade terhadap kebiasaan bacaan-bacaan yang masih belum tepat baik dari segi tajwid maupun irama," ujar Mahzar Fuadi kepada PIKIRANACEH.com, Selasa, (10/09/2023).

Selain pelatihan, kata Mahzar Fuadi, juga diadakan festival dalail khairar yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 Oktober 2023 di gedung ITLC Banda Aceh.

"Hari ini juga pembagian maqra' untuk masing-masing grup yang ikut Festival," Tambahnya.

Komposisi Grup Nurul Maghfirah terdiri; Hijaz Khalilullah (syekh), Mahzar Fuadi (Ketua Dalail), Mizanul Akmal (anggota), M. Hidayatullah (anggota), Khairurridha (anggota), Nisfu Syakban (anggota), Ghufrinal Azkari (anggota), Khalid Aidillah (anggota), Fajran 'Ajilla (anggota), Zachlul Irfandi (anggota), dan Aril Mufijar (anggota).

Sementara Kabid Bina Peribadatan, Syiar Islam dan Pengembangan Sarana Keagamaan Dinas Syariat Islam Aceh, Zulkifli, SPd, MPd mengatakan, "salah satu tujuan diadakan kegiatan tersebut adalah untuk menghidupkan kembali tradisi Dalail Khairat di masyarakat. Sehingga akan menjadi aktivitas yang rutin di meunasah atau masjid di gampong-gampong se-Aceh," demikian.***

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x