Menteri ESDM Blak-blakan soal Temuan Ladang Gas Raksasa di Aceh

- 5 Januari 2024, 16:06 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkap sejumlah temuan ladang gas raksasa saat bicara mengenai proyeksi lifting minyak dan gas bumi (migas) tahun 2024 di Jakarta. Dok istimewa
Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkap sejumlah temuan ladang gas raksasa saat bicara mengenai proyeksi lifting minyak dan gas bumi (migas) tahun 2024 di Jakarta. Dok istimewa /

PIKIRAN ACEH – Cadangan Minyak dan Gas (Migas) dengan jumlah 4,68 miliar barel ditemukan di Aceh. Penemuan cadangan Migas jumbo ini diklaim melebihi cadangan di Arab Saudi.

Lokasi tepatnya berada di sumur Eksplorasi Layaran-1 South Andaman. Lokasi tersebut sekitar 100 kilometer lepas pantai Sumatera bagian utara, Indonesia.

Blok ini merupakan blok migas yang dilelang pada 2018 dan baru diteken kontrak pengelolaannya pada Februari 2019 dengan menggunakan sistem fiskal gross split.

Baca Juga: Aceh Diprediksi Akan Seperti Qatar, Temuan Migas di Aceh Melebihi Arab Saudi, Jumlahnya Sangat Fantastis

Hal tersebut disambut baik oleh Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Jika temuan itu berhasil dieksplorasi dan dimanfaatkan dengan baik, dinilai bisa bikin masyrakat Aceh tak ada yang miskin lagi.

“Jika itu berhasil maka diprediksi kita (Aceh) tidak miskin lagi”, kata Pimpinan DPRA Teuku Raja Kemangan dikutip pada Jumat 29 Desember 2023.

Baca Juga: Peran Mualem dalam Pengelolaan Migas Aceh

Ia membeberkan, dari data yang ia dapatkan, cadangan minyak dan gas itu diprediksi sebanyak 4.685 milliar barrel.

Halaman:

Editor: Yusmadi Yusuf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x