Soal Temuan Cadangan Minyak Miliaran Barel di Aceh, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya

- 13 Januari 2024, 10:49 WIB
Ilustrasi migas Aceh. | Foto: Ist/SKK Migas
Ilustrasi migas Aceh. | Foto: Ist/SKK Migas /

 

PIKIRANACEH.COM - Baru-baru ini beredar kabar soal cadangan Minyak dan Gas (Migas) dengan jumlah 4,68 miliar barel ditemukan di Aceh. Penemuan cadangan Migas jumbo ini diklaim melebihi cadangan di Arab Saudi.

Lokasi tepatnya berada di sumur Eksplorasi Layaran-1 South Andaman. Lokasi tersebut sekitar 100 kilometer lepas pantai Sumatera bagian utara, Indonesia.

 

Menanggapi hal tersebut, akhirmya SKK Migas meluruskan informasi yang keliru bahwa seolah-olah cadangan yang ditemukan di Blok Andaman, sekitar 100 kilometer Sumatera bagian utara adalah minyak dengan potensi mencapai miliaran barel.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D. Suryodipuro mengkonfirmasi besar cadangan gas dan kondensat di Wilayah Kerja (WK) tersebut, sehingga tidak memunculkan spekulasi di masyarakat.

 

"Wilayah Kerja South Andaman merupakan WK migas yang dilelang pada 2018 dan baru diteken kontrak pengelolaannya oleh Kementerian ESDM dan Mubadala Energy pada Februari 2019 dengan menggunakan mekanisme kontrak gross split," terang Hudi lewat keterangan tertulisnya, diterima pada Jumat 12 Januari 2023.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x