Serangan Drone ke Moskow, Zelensky: Perang Secara Alami Kembali ke Asalnya

- 31 Juli 2023, 08:36 WIB
Bangunan yang rusak di Moskow akibet terena pecahan drone Ukraina, Minggu, 30 Juli 2023
Bangunan yang rusak di Moskow akibet terena pecahan drone Ukraina, Minggu, 30 Juli 2023 /

PIKIRANACEH.COM - Rusia kembali kebobolan drone Ukraina. Tiga buah drone berhasil menyusup sampai Moskow, sebelum ditembak jatuh, Minggu pagi, 30 Juli 2023. Kyiv biasanya tidak mengklaim bertanggung jawab atas insiden tertentu di wilayah Rusia, dan tidak mengklaim serangan terbaru, meskipun Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan perang "secara bertahap kembali ke wilayah Rusia - ke pusat simbolisnya".

"Dan ini adalah proses yang tak terhindarkan, alami, dan benar-benar adil," kata Zelensky dalam pidato hariannya kepada rakyat Ukraina, Minggu malam.

Meski dilumpuhkan, pecahan drone jatuh merusak gedung tinggi kantor pemerintah dan menimbulkan api besar. Tidak ada yang terluka dan hanya ada sedikit kerusakan pada fasad dua gedung perkantoran di kawasan bisnis Moskva-Citi, kata Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin.

Daerah tersebut, beberapa kilo dari Kremlin, dikenal dengan menara-menara tinggi modernnya. Salah satu bangunan yang rusak adalah kantor tiga kementerian pemerintah Rusia serta apartemen tempat tinggal, lapor media Rusia.

Drone musuh telah mencapai jantung ibu kota Rusia dalam beberapa bulan terakhir, bahkan jika mereka sejauh ini tidak menyebabkan kerusakan besar, tidak nyaman bagi pihak berwenang yang mengatakan kepada publik bahwa Rusia memegang kendali penuh atas apa yang mereka sebut "operasi militer khusus" melawan Ukraina.

Dua drone mencapai Kremlin pada bulan Mei dalam insiden paling dahsyat. Senin lalu, Rusia mengatakan pihaknya menggagalkan serangan ke Moskow dengan dua drone, salah satunya dijatuhkan di dekat markas besar kementerian pertahanan

Seorang wanita muda bernama Liya mengatakan kepada Reuters bahwa dia berada di sebuah apartemen yang dia sewa dengan beberapa temannya pada saat serangan hari Minggu. "Di beberapa titik, kami mendengar ledakan dan itu seperti gelombang, semua orang melompat," katanya. "Dan kemudian ada banyak asap dan Anda tidak bisa melihat apa-apa. Dari atas, Anda bisa melihat api."

Menurut Reuters, sejumlah panel kaca pecah di satu gedung bertingkat tinggi dan kaca, puing-puing, dan dokumen kantor berserakan di sebagian trotoar di bawah. Daerah itu telah ditutup oleh polisi dan layanan darurat.

Penerbangan ke dan dari bandara Vnukovo Moskow dihentikan sementara karena insiden itu, lapor kantor berita TASS.

Halaman:

Editor: Teuku Ikhwana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x