Unjuk Rasa Menentang Israel Merambah Maroko, Bela Palestina dan Menuntut Pembatalan Normalisasi

- 29 Maret 2024, 23:04 WIB
Unjuk Rasa Bela Palestina Melanda Maroko
Unjuk Rasa Bela Palestina Melanda Maroko /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Di Maroko, orang-orang turun ke jalan di Casablanca, Meknes, dan kota-kota lain pada hari Kamis, mengibarkan bendera Palestina dan mengecam genosida Israel terhadap warga Palestina.

Mereka mendesak gencatan senjata segera sesuai resolusi Dewan Keamanan PBB yang diadopsi awal pekan ini, dan menegaskan kembali permintaan untuk memutuskan hubungan dengan rezim Israel.

Baca Juga: Al-Quran Sumber Inspirasi dan Ilmu Pengetahuan

Maroko, bersama dengan UEA, Bahrain, dan Sudan, menandatangani perjanjian normalisasi yang ditengahi AS dengan rezim Israel pada tahun 2020, memicu kecaman dari warga Palestina yang mengecam perjanjian tersebut sebagai “tikaman terhadap perjuangan Palestina dan rakyat Palestina.”

Tunisia juga menyaksikan protes serupa sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina, dengan ratusan orang berbaris di Sfax dan menyerukan diakhirinya genosida Israel di Gaza.

Sebelumnya ribuan pengunjuk rasa berunjuk rasa di Yordania dalam solidaritas dengan warga Palestina, yang menjadi sasaran perang genosida Israel selama hampir enam bulan, menyerukan pemutusan hubungan dengan rezim pendudukan.

Para pengunjuk rasa berunjuk rasa di dekat kedutaan Israel di ibu kota Yordania, Amman, pada hari Kamis untuk hari kelima berturut-turut, membawa bendera Palestina dan plakat bertuliskan “Amman-Gaza satu takdir.”

Sambil meneriakkan “Jangan ada kedutaan Zionis di tanah Yordania,” para demonstran meminta pemerintah mereka untuk menutup kedutaan Israel dan membatalkan apa yang disebut perjanjian damai tahun 1994 yang menormalisasi hubungan dengan Tel Aviv.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x