Perdamaian Terancam Gagal, 2 Negara Asia di Ambang Perang

- 12 Mei 2023, 01:11 WIB
Foto: Seorang prajurit Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa, 29 September 2020. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)
Foto: Seorang prajurit Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa, 29 September 2020. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP) /


PIKIRANACEH.COM - 
Terjadi baku tembak di daerah perbatasan antara Armenia dan Azerbaijan, yang menyebabkan meningkatnya ketegangan hubungan antara kedua negara, Kamis (11/5/2023).

Azerbaijan mengklaim bahwa salah satu tentaranya tewas dalam insiden tersebut.

Dilansir Reuters, bentrokan ini terjadi saat dua rival di Kaukasus Selatan itu sedang terlibat dalam pembicaraan diplomatik yang intensif, dengan tujuan menghindari konflik berkepanjangan mengenai wilayah Nagorno-Karabakh yang menjadi sumber perselisihan selama bertahun-tahun.

Meskipun daerah tersebut secara internasional diakui sebagai bagian dari Azerbaijan, tetapi mayoritas penduduknya adalah etnis Armenia.

Dalam tindakan yang dianggap sebagai "pelanggaran berat" terhadap perjanjian gencatan senjata 2020 yang ditengahi oleh Rusia, baku bulan lalu memasang pos pemeriksaan di awal Koridor Lachin.

Koridor ini merupakan satu-satunya rute jalan yang menghubungkan Armenia dengan Karabakh.

Dalam bentrokan Kamis yang merupakan kejadian terbaru dari serangkaian gejolak perbatasan, kedua belah pihak mengklaim bahwa mereka bertindak dalam pembelaan diri dan saling menyalahkan satu sama lain atas serangan pertama.

Baca Juga: Dahsyat !! Saudi Bakal Eksekusi Mati 3 Pria Tolak Proyek The Line MbS

Azerbaijan mengatakan bahwa pasukan Armenia melakukan "provokasi yang disengaja" dan menewaskan seorang tentara Azerbaijan.

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan Armenia melaporkan bahwa empat tentara mereka terluka setelah serangan dari Azerbaijan terhadap posisi mereka dekat desa Sotk di perbatasan bersama.

Halaman:

Editor: Teuku Ikhwana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x